TANJUNG REDEB – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau menggelar Rapat Paripurna terkait penyampaian rekomendasi DPRD Berau terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Berau Tahun Anggaran 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015, tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019, tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, telah diatur bahwa penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah dilakukan paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir, paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah LKPJ diterima

Ketua DPRD Berau, Madri Pani, mengatakan DPRD harus melakukan pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban dan memberikan rekomendasi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dikatakannya, LKPJ kepala daerah tidak semata-mata dimaksudkan untuk menemukan kelemahan dan kekurangan atas penyelenggaraan pemerintahan semata.

Namun lebih ditekankan pada upaya memperoleh saran, masukan dan rekomendasi dari DPRD sebagai mitra kerja kepala daerah.

“Hal tersebut perlu dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang terjadi. Sebagai upaya dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di masa yang akan datang,” ucap Madri.

Selain itu, Madri menjelaskan dalam memberikan saran, masukan, tanggapan dan rekomendasi, DPRD Berau memberi harapan besar kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar lebih diperhatikan, dijalankan dan dilaksanakan dengan serius tugas pokok dan fungsinya (tupoksi).

Sebab keberhasilan dalam pelaksanaan pembangunan pemerintahan, pelaksanaan dan pembinaan masyarakat di segala bidang sangat bergantung kepada mental, tekad, semangat dan kedisiplinan dalam penyelenggaraan pemerintahan, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan maupun kampung.

“Sehingga hasil-hasil pembangunan dapat dinikmati secara adil dan merata oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Berau yang kita cintai ini,” terangnya. (*/ADV)

Reporter : Dini Diva Aprilia

Editor : s4h