Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih bertandang ke salah satu lapak UKM yang ada di lokasi acara konser jazz, di Maratua.

MARATUA – Efek Domino dari gelaran festival Maratua Jazz, di Pantai Tanjung Harapan, Pulau Maratua, terlihat dari antusias pengunjung yang ingin menikmati malam di Maratua ditemani konser musik jazz.

Ribuan warga yang datang selama dua malam berturut-turut itu, menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah yang memajang produk olahannya, di lapak yang disediakan oleh panitia.

Salah satu pedagang fashion di Maratua, Yani, menyatakan bila dalam dua hari dirinya berjualan, hampir seluruh dagangan pada malam puncak ludes terjual.

Dia menjajakkan, pakaian khusus gelaran Maratua Jazz, hingga produk kenang-kenangan dari Maratua yang terbuat dari bahan daur ulang. Tentunya menyediakan keunikan lantaran dilego khusus pada momen Maratua Jazz tahun ini.

“Alhamdulillah dagangan kami laku. Ini memberikan kesempatan kami untuk mengembangkan usaha,” ucap dia.

Lain lagi cerita Fitri, pedagang yang menyediakan aneka jualan mulai dari kebutuhan menyelam, hingga fashion khas pulau Maratua.

Dia mengaku, mendapatkan keuntungan dari harga modal senilai Rp 3,5 juta. Keuntungan itu didapatkan dia selama sepekan gelaran Maratua Jazz. Bahkan keuntungan tersebut masih didapatkan, saat pagi jelang kepulangan para wisatawan lokal dan domestik.

“Kami berterimakasih atas event Maratua Jazz ini, karena banyak pengunjung yang belanja di tempat kami,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Berau Ilyas Natsir, menyatakan bila sejatinya setiap event digelar oleh pemerintah dan swasta ingin memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

Oleh karenanya, pemerintah selalu gencar mengawal serius setiap event yang telah diagendakan oleh pemerintah dalam kalender event.

“Semoga tahun depan bisa semakin masif,” ujar Ilyas ditemui belum lama ini.

Dirinya pun berharap agar setiap event ke depan bakal semakin banyak pengunjung yang bertandang ke daerah tujuan wisata (DTW) di Berau.

Dalam menumbuhkan semangat itu, pihaknya berkomitmen untuk menggencarkan agenda promosi wisata di kancah nasional yang target pasarnya adalah kalangan wisatawan mancanegara.

“Secara teknis akan dikawal oleh setiap bidang, namun yang jelas kami jajalkan agenda penjualan paket wisata,” terangnya. (*/ADV)

Reporter: Sulaiman