Foto: Kapolres Berau AKBP Steyven Jonly Manopo, kala memeriksa kesiapan sapras anggota Polres Berau. 

TANJUNG REDEB – Mantapkan persiapan pengamanan Pemilu 2024, Polres Berau laksanakan apel gelar kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) di Lapangan Pemuda, Tanjung Redeb, Senin (11/12/23).

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Berau AKBP Steyven Jonly Manopo ini juga  dihadiri oleh Wakapolres Berau Kompol Komank Adhi Andhika, para pejabat utama Polres Berau, Kapolsek jajaran Polres Berau dan seluruh personel Polres Berau.

Kapolres Berau, Steyven Jonly Manopo, mengatakan,  pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) presiden dan anggota legislatif kini sudah semakin dekat. Momen pesta demokrasi 5 tahunan ini, tentunya menyebabkan masyarakat akan terpolarisasi karena memiliki pilihan yang berbeda-beda.

Sehingganya, ia meminta jajaranya mampu mengendalikan situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat. Agar, pemilu ini berjalan lancar dan damai.

“Apabila penyelenggaraan pesta demokrasi ini tidak dikelola dengan baik, maka akan berdampak pada terganggunya stabilitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Berau, untuk itu kita perlu mengantisipasinya dengan mengecek kesiapan personel kita dan perlengkapan atau sarana dan prasarana yang kita miliki,” tegasnya.

Melalui apel ini, perwira melati dua itu juga melakukan pemeriksaan atau pengecekan kondisi perlengkapan yang dimiliki. Ia ingin memastikan semua kebutuhan yang akan digunakan dalam pengamanan pemilu ini dalam kondisi baik, lengkap dan berfungsi dengan laik.

“Apel gelar kesiapan ini sengaja kita laksanakan dari jauh jauh hari sehingga apabila ada kekurangan perlengkapan yang kita miliki maka kita masih memiliki waktu untuk dapat memperbaiki, termasuk dalam meminta penambahan perlengkapan kepada satuan atas,”bebernya.

Berkaca pada pemilu 2019 lalu di Berau yang berlangsung kondusif, iapun berharap pada pemilu 2024 mendatang kesuksesan itu dapat kembali dipertahankan.

“kami harap para elit politik di Berau dapat kiranya memerankan politik santun, sejuk, dan mengedepankan kedamaian,” katanya.

Mantan Kasubdit Tipikor Polda Kaltim ini juga berpesan kepada penyelenggara pemilu, agar dapat mempersiapkan segala persiapannya dengan baik, seperti menyiapkan petugas penyelenggaranya sampai di tingkat TPS, begitu juga mempersiapkan sarana prasarana rangkaian penyelenggaraan pemilu dengan baik.

Sehingga, nanti dalam pelaksanaanga tidak ada kendala sampai dengan pleno tingkat kampung, kabupaten hingga provinsi. (*)

Sumber: HUMAS POLRES BERAU