Didi Rahmadi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Berau.

TANJUNG REDEB – Meskipun program pemasangan Wifi gratis sudah mencapai target hingga 2023 berakhir, namun tahun 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Berau tetap akan melanjutkan program pemasangan Wifi gratis tersebut.

Diketahui, setahun lalu (2023), sebanyak 1.003 titik Wifi gratis telah terpasang di seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Berau, termasuk kawasan Kecamatan Kelay.

Kadiskominfo Berau Didi Rahmadi, mengatakan Kecamatan Kelay di tahun 2024 akan ditambah dua titik Wifi gratis. Lokasinya, di Long Lancim dan Long Laai.

Sementara, penambahan titik Wifi lainnya berada di kawasan pariwisata unggulan Berau, yakni Maratua. Sebab sinyal dan kebutuhan Wifi gratis di daerah tersebut masih sangat dibutuhkan.

Dijelaskannya, mengapa memilih Kelay dan Maratua, dikarenakan kekuatan dua sinyal di area tersebut sangat rendah.

Sehingga harus menambahkan Very Small Aperture Terminal (Vsat) atau stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima yang berbentuk piringan berdiameter kurang dari tiga meter.

“Tapi ini akan kami kaji lagi lokasi-lokasi mana yang harus diberi tambahan Wifi gratis,” ungkapnya.

Berau sendiri, sambungnya, hanya memiliki sekiranya empat puluh tujuh Base Transceiver Station (BTS) dan masih kurang, untuk luasan wilayah tiga puluh enam ribu kilometer persegi.

Meski capaian Wifi gratis sudah terpenuhi, namun permasalahan Blank Spot di Kabupaten Berau masih belum selesai. Contohnya, di beberapa titik kawasan Kecamatan Kelay.

Kendati begitu, Didi menegaskan, seluruh kecamatan Berau bisa menikmati jaringan internet, terutama yang berada di permukiman.

Untuk pembangunan BTS juga sebenarnya merupakan kewenangan dari pusat. Sedangkan daerah hanya mengatur masalah jaringannya.

“Kami juga berusaha untuk merealisasikan usulan penambahan BTS, sekiranya memang harus ditambah kurang lebih 50 lagi,” rinci Kadiskominfo Didi Rahmadi. (*)

Reporter : Dini Diva Aprilia

Editor : s4h