Tingkatkan SDM Petani, Sakirman Berangkatkan Studi Banding Para Petani ke Kabupaten Lamongan

  • Whatsapp

TANJUNG REDEB- Dalam momentum Hari Tani Nasianal, Anggota DPRD Berau, Sakirman menginisiasi pelatihan dan studi banding para petani di 15 Kampung yang tersebar di 3 Kecamatan Sambaliung, Tabalar dan Kecamatan Kelay ke Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pelatihan dan studi banding ini dilaksanakan, mulai 26 hingga 29 September mendatang.

Dikatakan Sakirman, dipilihnya Lamongan menjadi tempat belajar para petani Berau, oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Berau, di karenakan Lamongan menjadi salah satu sentra pertanian di Indonesia.

Melalui pelatihan itu, dirinya berharap, bantuan yang diberikan, dapat memberikan ilmu baru bagi pengelolaan pertanian di Kabupaten Berau. Di sisi lain, dapat meningkatkan SDM petani, agar bisa maju seperti petani di Lamongan.

“Harapan saya, sepulang mereka studi banding, dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama studi banding di Lamongan,” jelasnya.

Sebab, dirinya memiliki kehawatiran, ke depan Kabupaten Berau bisa saja mengalami krisis pangan. Karena semakin maraknya alih fungsi lahan pertanian, menjadi lahan perkebunan kelapa sawit.

Namun kata dia, jika Pemerintah Daerah memiliki strategi khusus, seperi meningkatkan kualitas SDM para petani, sarana prasarana pertanian yang modern, serta kepastian pasar pagi komuditas pertanian, maka krisis pangan dapat dicegah.

“Ini yang perlu dipikirkan oleh pemerintah daerah, agar pertanian di Kabupaten Berau bisa bersaing dengan komuditas perkebunan kelapa sawit,” pungkasnya. (/)

Pos terkait