Rutan Tanjung Redeb Dorong Warga Binaan Kreatif, Dengan Usaha Loundry

  • Whatsapp

Foto: Warga Binaan Rutan Tanjung Redeb saat mulai membuka jasa laundry

TANJUNG REDEB- Rutan Kelas II Tanjung Redeb terus melakukan inovasi, dalam rangka menciptakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mandiri dan kreatif, yakni dengan membuka jasa laundry, untuk kegiatan para WBP.

Bacaan Lainnya

Tak hanya sekedar inovasi, juga mendatangkan berkah bagi WBP yang terlibat di dalamnya. Kepala Rutan Tanjung Redeb, Puang Dirham menjelaskan, usaha loundry tersebut dibuka untuk melayani masyarakat di Tanjung Redeb dan sekitarnya. Bahkan juga melayani antar jemput.

Usaha loundry tersebut, lanjut dia, dikelola melalui koperasi Rutan, yang memang dari segi pengelolaan dan administrasi sudah sangat baik.

“WBP yang terlibat juga dapat premi dari hasil keuntungan loundry. Mereka juga dapat keahlian dari usaha ini. Ketika mereka nanti bebas, mereka sudah punya bekal keterampilan, untuk memulai usaha yang baik dan halal. Dan itu mencegah mereka kembali ke sini (Rutan),” jelasnya.

Adapun keuntungan yang didapat dari usaha itu, juga akan masuk dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Secara tidak langsung, dengan mendukung usaha loundry yang dikelola oleh Rutan itu, tidak hanya membantu para WBP yang bekerja di sana, tetapi juga berkontribusi untuk negara.

“Secara tidak langsung masyarakat yang menggunakan jasa laundry kita ini membantu WBP dan berkontribusi terhadap pendapatan negara,” ujarnya.

Tak hanya usaha loundry, Rutan Kelas II Tanjung Redeb juga memiliki workshop dalam menyalurkan hobby dan meberikan wadah bagi WBP untuk berkreasi dan menciptakan produk bernilai jual. Seperti reparasi motor, pengolahan barang bekas seperti drum yang disulap menjadi kursi estetik, dan kerajinan tangan lainnya.

Puang berharap, masyarakat bisa ikut serta membantu WBP, dengan membeli dan memberdayakan loundry yang dikelola Rutan Tanjung Redeb.

“Kita berikan mereka kesempatan, dengan mendukung usaha yang dijalankan. Sehingga, ketika mereka keluar nanti, mereka bisa mendedikasikan dirinya dengan hal yang bermanfaat dan tentunya lebih positif,” pungkasnya. (/)

Pos terkait