Ketua DPRD Minta Pemkab Fokus Tangani Jalan Rusak 

  • Whatsapp

Foto: Kondisi Jalan Teluk Semangka, Sambaliung yang rusak berat namun belum ada perbaikan

TANJUNG REDEB – Ketua DPRD Kabupaten Berau meminta Pemerintah Kabupaten Berau serius memperbaiki jalan kabupaten yang rusak. Pasalnya, ada sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan hingga menahun tetapi hingga kini belum juga diperbaiki. 

Bacaan Lainnya

Bahkan bukan hanya di wilayah Pedesaan atau jalan lintas kecamatan, kerusakan jalan ini juga terjadi di perkotaan.

“Jalan rusak yang memerlukan perhatian misalnya Jalan Teluk Semangka, Sambaliung. Di Jalan itu lubang sudah menganga cukup lebar sangat mengganggu warga melintas,” ucap Madri Pani.

Lanjut dia, kerusakan di ruas jalan tersebut mencapai  panjang 20 meter dengan diameter lebar lubang mencapai 1 – 2 meter. Bila hujan tiba, lubang – lubang tersebut tetutup air. Tak jarang ada pengendara roda dua yang terjatuh akibat terperosok ke lubang yang tergenang air.

Diterangkan politisi NasDem tersebut, seharusnya jalan tersebut dapat diperbaiki secara bertahap baik itu melalui penambalan menggunakan aspal atau perbaikan seluruhnya seperti yang dilakukan pada perbaikan jalan lainya.

Caranya, Dinas Pekerjaan Umum Tanjj dapat mengusulkan anggaran dana perbaikan jalan melalui APBD murni atau perubahan.  Bila tidak ada, dapat diusulkan melalui Dana Alokasi Khusus yang selalu diterima setiap tahun.

“Kabupaten Berau sebagai daerah paling utara memang perlu diperhatikan secara serius. Utamanya persoalan infrastruktur. Sebab, banyak jalan di kota yang masuk kewenangan kabupaten rusak belum tersentuh,”sebutnya.

Madri Pani tak menampik, bila kondisi keuangan daerah sangat terbatas, dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang hanya Rp 2,4 Triliun menyulitkan daerah mengakomodir semua perbaikan jalan rusak baik yang ada di perkotaan maupun dipedesaan dan antar desa itu sendiri. Hanya saja, pemkab harus memiliki skala prioritas untuk dilakukan perbaikan.

“Mari kita sama-sama pikirkan kalau butuh masukan dari kami. Agar perwajahan Berau itu semakin baik lagi kedepannya. Apalagi saat ini Berau sudah semakin meningkat penduduknya jadi harus dipersiapkan memang,”tutupnya.

Pos terkait