Asisten II Setkab Berau Agus Wahyudi Usulkan Maratua Jadi Pengganti Bali

  • Whatsapp

Foto: Pulau Maratua

TANJUNG REDEB,- Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur terus dikebut, bahkan ditargetkan 2024 nanti Istana Presiden sudah terbangun.

Bacaan Lainnya

Selain pembangunan sarana penunjang pemerintahan, banyak yang harus diperhatikan dalam menujang kebutuhan IKN. Termasuk keterlibatan wilayah penyanggah IKN dalam memenuhi kebutuhan saat IKN Nusantara sudah beroperasi.

Salah satunya sektor pariwisata juga sangat penting dalam menunjang aktivitas di wilayah IKN Nusantara.  Oleh karena itu, daerah sekitar wilayah IKN Nusantara dapat mempersiapkan sektor pariwisatanya masing-masing.

Salah satu pariwisata yang dinilai berpotensi, yakni wisata di pulau Maratua yang ada di Kabupaten Berau. Bahkan dikatakan Asisten II Setkab Berau, Agus Wahyudi yang mengikuti kegiatan pertemuan pariwisata mengajukan Pulau Maratua Berau dapat berperan sebagai pengganti Pulau Bali saat Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara beroperasi.

Contohnya, Pulau Maratua dapat dijadikan tempat pertemuan dan tidak perlu mencari wilayah lain.

“Pertemuan itu kan banyak dipusatkan ke beberapa daerah saja, saya sudah mengusulkan Pulau Maratua yang menjadi tempat unggulan,” katanya.

Dengan adanya hal ini juga, diharapkan bisa menstabilkan perekonomian di Kabupaten Berau juga mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dengan hal ini juga disebutnya, akan membuat Berau bisa berlepas tangan dari sektor pertambangan yang sejak beberapa tahun lalu menjadi sumber pendapatan terbesar bagi Bumi Batiwakkal, julukan Kabupaten Berau.

ebagaimana diketahui disebut Agus Wahyudi, sektor batu bara saat ini masih menyumbang hingga 56 persen PAD Berau.

Makanya tidak tidak boleh tanggung-tanggung untuk melakukan di sektor pariwisata. Mengantisipasi pudarnya masa keemasan sektor batu bara.

“Dan saat ini, investasi yang kita lakukan dimulai dari Bandara Kalimarau hingga bandara yang berada di Kecamatan Maratua,” ungkapnya.

Apalagi menurut Agus, kecamatan Maratua sudah memiliki modal yang cukup baik. Saat ini salah satu pulau terluar di Indonesia itu juga sudah banyak dilirik para wisatawan lokal hingga mancanegara.(*)



“Tidak henti-hentinya kita juga harus terus mempromosikan wisata yang ada, karena Berau ini adalah surganya objek wisata,” katanya.

“Mulai dari laut hingga darat yang ada di Kecamatan Segah,” pungkasnya. (*)

Pos terkait