Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Idul Adha, Bupati Sidak Pasar dan Bulog

  • Whatsapp

Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih saat meninjau Pasar Sanggam Adji Dilayas

TANJUNG REDEB,- Pantau situasi dan kondisi jelang lebaran Idul Adha, Bupati Berau, Sri Juniarsih turun langsung memantau harga dan ketersediaan stok pangan. Pasar Sanggam Adji Dilayas dan Badan Urusan Logistik (Bulog) Berau jadi target pemantauan.

Bacaan Lainnya

Bupati mengaku Pemkab harus bisa memastikan, kebutuhan sembako menjelang lebaran Idul adha aman. Hal itu disampaikannya usai melakukan peninjauan langsung ke Pasar Sanggam Adji Dilayas dan Perum Bulog Berau, di Kelurahan Rinding, Teluk Bayur.

Kontrol terhadap harga dapat dilakukan dengan memastikan stok kebutuhan tersedia. Seperti umumnya hukum pasar, stok yang menipis memicu lonjakan harga harga terutama saat momen hari besar keagamaan seperti lebaran.

Kunjungan pertama dilakukan di pasa SAD. Di sana, bupati mengecek sejumlah bahan pokok, yang umumnya banyak dibeli masyarakat, baik itu ayam, daging sapi, cabai, bawang, beras, hingga ikan.

“Secara umum, semua masih aman. Tentu kami selalu melakukan pemantauan rutin dan pengawasan bahan sembako di pasar Sanggam Adji Dilayas. Terutama terkait persediaannya,” ujarnya, kemarin.

Saat kunjungan di pasar, diakuinya terjadi kenaikan harga sejumlah kebutuhan masyarakat. Dipicu masalah stok dan kendala pada mobilisasi barang.

Akan tetapi dipastikan tidak akan sampai terjadi kelangkaan. “Tadi seperti bawang merah, lombok, dan ayam memang ada kenaikan. Tapi tidak sampai susah didapatkan,” katanya.

Adapun kunjungannya di Perum Bulog Berau, untuk ketersediaan Beras juga masih mencukupi untuk beberapa bulan ke depan. “InsyaAllah aman,” tandasnya. (*)

Pos terkait