BUMA Support Penuh Pengembangan Kampung Budaya Bena Baru Melalui Mubes Keluarga Dayak Kenyah Badeng

  • Whatsapp

Foto: Perwakilan BUMA Binungan saat menghadiri pembukaan Mubes Suku Dayak Kenyah Badeng di Kampung Budaya Benabaru Jumat 1 Juli 2022

TANJUNG REDEB, – Kepedulian PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) dalam pelestarian budaya direfleksikan pada support kegiatan yang pagelaran musyawarah besar (Mubes) pentas seni dan olahraga Kerukunan Keluarga Dayak Kenyah Badeng (KKDKB) Daerah Kaltim ke 5, yang digelar di Kampung Bena Baru, Kecamatan Sambaliung, pada Jumat (1/7/2022).

Bacaan Lainnya

Menyempurnakan bentuk dukungan perusahaan dilakukan BUMA secara berkesinambungan, tidak hanya untuk satu sub kegiatan dan titik penyaluran bantuan, tetapi juga untuk sektor-sektor lainnya. Apresiasi disampaikan Kepala Kampung Bena Baru, Leth.

Diungkapkannya, organisasi KKDKB sendiri sudah lama terbentuk sebagai wadah silahturahmi suku Dayak Kenyah Badeng dan menjadi perpanjangan tangan Pemkab Berau dalam banyak kegiatan sebagai wadah silahturahmi.

“Suku Kenyah Badeng, melalui wadah ini menjalin berbagai macam silaturahmi,” ujarnya. Dalam Mubes ini ke lima yang diikuti oleh semua kampung dengan etnis mayoritas Kenyah Badeng. Baik dari Kaltim maupun Kaltara.

“Kegiatan ini cukup besar, sebanyak 1.000 orang lebih yang berpartisipasi, mulai dari olahraga modern hingga tradisional, hingga kegiatan pduan suara,” bebernya.

Dalam memeriahkan Mubes, dilakukan banyak rangkaian. Dinelaskan, Mubes tersebut sebagai rangkaian acara yang menjadi bagian perayaan penyelenggaraan Mubes V KKDKB Kalimantan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mensupport kegiatan ini. Salah satunya adalah BUMA. Menurutnya kehadiran BUMA banyak memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Ya kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini, hingga sukses terlaksana,” ujarnya.

Sementara itu, Project Manager BUMA Binungan, Putra mengatakan, pihak BUMA mendukung kegiatan tersebut hal ini sekaligus kecintaan BUMA terhadap kebudayaan di Bumi Batiwakkal yang beraneka ragam.

“Kegiatan seperti ini harus kita lestarikan dan bermanfaat bagi generasi mendatang,” ujarnya.

Dengan harapan, KKDKB senantiasa menjadi rumah bagi seluruh masyarakat Kenyah Badeng di Berau, serta senantiasa menjalin sinergi aktif dengan pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan infrastruktur pedesaan, partisipasi masyarakat, dan mewujudkan kesejahteraan.

“Harapan kita, kerja sama terus terjalin dengan baik. Kita harap, ke depannya sinergitas terus terjalin,” katanya. Untuk support kegiatan tersebut, BUMA menggelontorkan ratusan juta sebagai dukungan agar acara terselenggara dengan sukses. Apalagi diketahui, Bena Baru sebagai bagian dari kampung budaya.

“Kita juga ingin agar Bena Baru semakin berkembang. Ini kampung budaya, wajib kita ikut lestarikan,” pungkasnya.(*)

Pos terkait