Komisi I Minta Benahi Data penerima Bantuan Agar Tepat Sasaran

  • Whatsapp

Foto: Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo

TANJUNG REDEB, – Komisi I DPRD Berau meminta penataan data detail dan update penerima bantuan sosial. Hal itu disampaikan langsung saat rapat bersama. Tujuannya agar bantuan yang diberikan pemerintah bisa benar- benar tepat sasaran.

Bacaan Lainnya

Sebab sebelumnya sempat ditemukan fakta rendahnya penyerapan dana jaminan sosial oleh Dinsos Berau. Padahal di lapangan ada lebih banyak warga yang sebenarnya layak menerima bantuan.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa hal yang dibahas terkait penyaluran bantuan hingga penentuan masyarakat yang dipilih untuk mendapat bantuan.

Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo menyampaikan, pentingnya penyesuaian data penerima yang update. Komisi I disebutnya perlu menyampaikan hal itu. Mengingat Komisi I kuga merupakan mitra pemerintah sesuai bidangnya.

Setelah itu, dirinya juga mengingatkan pelayanan kepada sosial di Kabupaten Berau bisa lebih tepat sasaran lagi. “Para penerima bantuan sosial ini harus tepat sasaran,” jelasnya.

Selain harus tepat sasaran, bantuan sosial kepada masyarakat juga harus akurat. Pasalnya, hal ini untuk menjaga tidak adanya polemik yang berkembang di masyarakat apabila bantuan tidak tepat sasaran.

“Ini untuk menjaga tidak ada polemik di tengah masyarakat,” jelasnya. Sebab berdasarkan pengalaman ada banyak muncul riak di masyarakat yang bermula dari rasa tidak adil tidak mendapatkan bantuan sosial.

Sementara ada penerima yang juga kadang dinilai warga lain sebagai orang mampu. Atau lebih mampu dibandingkan warga yang tidak dapat bantuan.

Menurut Politisi Demokrat ini, hal-hal seperti itu yang harus diantisipasi dan dihindari. Untuk menghindari konflik dimasyarakat.

Oleh karena itu perlu dilakukan penataan kembali data penerima yang lebih update. Menyelaraskan dengan penerima riil di lapangan.(*/adv)

Pos terkait