Rampung Dibangun, Sa’ga Sebut Pelabuhan Teluk Sulaiman Akan Permudah Wisatawan dan Pengiriman Logistik

  • Whatsapp

Foto: Pelabuhan Kampung Teluk Sulaiman kini sudah rampung dikerjakan.

TANJUNG REDEB – Pembangunan Pelabuhan Teluk Sulaiman saat ini sudah rampung dikerjakan. Pelabuhan tersebut nantinya akan permudah akses pariwisata di pesisir Berau terutama untuk wisatawan yang ingin berkeliling ke Pulau Kaniungan maupun Kampung Teluk Sumbang via jalur laut.

Bacaan Lainnya

“Agar kegiatan pariwisata juga mudah untuk menyebrang ke Teluk Sumbang melalui air atau ke Pulau Kaniungan,” jelas Ketua Komisi III DPRD Berau, Sa’ga pada Jumat (3/6/2022).

Selain itu, Sa’ga juga menyebut keberadaab pelabuhan itu juga bisa menjadi lokasi bongkar muat kapal pengangkut sembako dari Pulau Sulawesi maupun daerah lain lebih aman.

“Itu bisa jadi lokasi bongkar muat kapal barang, dan yang pasti lebih aman bersandar disitu,”ucapnya.

Selain itu, Sa’ga juga menjelaskan pelabuhan itu tidak hanya digunakan oleh masyarakat di kecamatan Bidukbiduk saja. Melainkan juga bisa digunakan jika akan bongkar muat masyarakat di Kecamatan Talisayan.

“Kalau disana (Talisayan) cuaca tidak memungkinkan, maka bisa bongkar muat disitu (teluk Sulaiman),” katanya.

Hal ini akan menjadikan distribusi barang untuk pesisir tetap terjaga. Sa’ga mengatakan bahwa hal itu yang diinginkan DPRD maupun pemerintah daerah mengapa pembangunan pelabuhan itu terus di target cepat selesai.

“Itu salah satu pertimbangan kita kemarin mendesak pemerintah daerah untuk membangun fasilitas dermaga di Teluk Sulaiman,” terangnya.

Dirinya juga berharap, dengan mengkaji perencanaan yang dapat disesuaikan dengan harapan masyarakat, maka diharapkan pembangunan tersebut sudah tepat sasaran.

Dirinya memperingatkan, apabila pembangunan tidak menjadi betul-betul sesuai perencanaan maka bukannya tidak mungkin nasib dermaga Teluk Sulaiman akan bernasib sama dengan dermaga di Maratua.

“Yang terpenting perencanaan itu harus dikaji betul-betul. Jangan sampai nanti nasibnya sama dengan dermaga di Maratua,” ujarnya.(*/adv)

Pos terkait