Pagar Labuan Cermin Akan Ditingkatkan Lagi Agar Wisatawan Semakin Aman

  • Whatsapp

Foto: Pagar pembatas di Danau Labuan Cermin yang dipagar guna mencegah buaya masuk.

TANJUNG REDEB,- Objek wisata Labuan Cermin Kecamatan Biduk-biduk bakal dibuatkan pagar yang lebih aman. Diketahui, objek andalan ini sempat dimasuki buaya berukuran besar yang membuat pengunjung kesana merasa was-was.

Bacaan Lainnya

Meskipun saat ini, pengelola objek wisata di sana telah melakukan antisipasi sementara, dengan memasang pagar yang terdiri dari material kayu dan jaring, namun akan kembali ditingkatkan untuk lebih aman.

Camat Biduk-biduk, Abdul Malik mengatakan, pagar yang ada akan ditinggikan agar benar benar bisa mencegah satwa liar, khususnya buaya masuk areal tempat wisata.

“Jadi salah satu rekomendasinya merubah pagar pembatas dengan meninggikan pagar. Dan itu sudah kami sampaikan ke Pemkab Berau, agar dapat direspon. Karena bagaimana pun, objek wisata ini sudah terkenal, dan keamanannya menjadi prioritas,” jelasnya.

Pasca masuknya buaya ke Labuan Cermin, pihaknya juga telah melibatkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur, untuk melakukan pemantauan, serta penangkapan buaya.

Dirinya tidak memungkiri, memang di di beberapa tempat di Biduk-biduk, masih dihuni buaya. Namun, untuk areal wisata labuan cermin, diklaim tidak lagi ditemukan. Kalaupun ada, buayanya berada jauh dari lokasi objek wisata.

“Tapi untuk keamanan pengunjung, dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, perlu pagar yang benar-benar representatif, untuk mencegah buaya kembali masuk ke tempat itu,” katanya.

Selain membangun pagar pengaman, juga akan dilakukan beberapa peningkatan dan perbaikan sarana prasarana penunjang wisata di sana. Hal itu mengingat, labuan cermin merupakan salah satu wisata unggulan Bumi Batiwakkal.

Seperti meningkatkan dermaga dan akses masuk ke labuan cermin. Dengan meningkatnya, sarana dan prasarana, tentu akan memberikan kemudahan dan kenyamanan wisatawan.

Terpisah, Bupati Berau, Sri Juniarsih mengatakan, sebagai salah satu destinasi wisata di Berau, yang namanya sudah mencapai level nasional, tentu pemerintah akan memberikan perhatian. Agar kedepannya, objek wisata ini, dapat terus meningkat dan berkembang.

Adapun mengenai fenomena masuknya buaya ke dalam objek wisata itu, pemerintah kata dia, juga sudah merencanakan pembangunan pagar penghalang. Pagar itu, dalam waktu dekat akan segera dibangun. Dirinya memastikan, pembangunan pagar itu tidak akan mengganggu keindahan labuan cermin.

“Yang kami ingin, semua wisatawan yang berlibur ke labuan cermin, tidak lagi takut dan was-was saat berenang,” pungkasnya.(*)

Editor: Rengkuh

Pos terkait