33 Warga Berau Ikuti Seleksi Komponen Cadangan di Kodim 0902/Bru

  • Whatsapp

Foto: Puluhan peserta Komponen Cadangan (Komcad) mengikuti seleksi di Kodim 0902/Bru Senin (09/05/2022)

Tanjung Redeb – Kodim 0902/Bru sudah mulai melaksanakan tahap seleksi mulai dari pemeriksaan kesehatan dan pemeriksanaan administrasi, bagi para peserta yang mendaftar sebagai calon Komponen Cadangan atau Komcad mulai Senin (09/05/2022).

Read More

Pembentukan Komcad tersebut, diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. 

Hal ini juga sejalan dengan arahan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

“Nantinya, masyarakat yang bergabung dalam program ini akan diberikan pembekalan tentang cara menjaga keamanan negara layaknya wajib militer,” ujar Pasi Pers Kodim 0902/Bru, Kapten Arm. Rustan Attas.

Berdasarkan catatan yang dimiliki, setidaknya ada 38 warga Berau yang mendaftar secara online sebagai Komcad.  Namun saat proses seleksi hany 33 pesera yang hadir. 

“Usai mendaftar online, peserta melakukan pengecekan lanjutan yaitu tinggi dan berat badan, hingga postur tubuh secara terbatas,”bebernya.

Ia juga menjelaskan, mereka yang mendaftar seleksi Komcad di Kodim 0902/Bru terdiri dari berbagai profesi. Mulai dari tunakarya, pekerja swasta, dunia usaha sampai dengan aparatur sipil negeri (ASN). Dengan kisaran usia 18 sampai dengan 35 tahun.

Lanjut Kapten Arm. Rustan, dalam tahap seleksi itu, para peserta yang bekerja sudah harus mendapatkan persetujuan untuk mengikuti seleksi Komcad dari tempat ia bekerja.

Nantinya, dari 33 orang peserta tersebut, hanya akan dipilih sebanyak 24 orang untuk diberangkatkan mengikuti seleksi lanjutan di tingkat Resimen Induk Daerah (Rindam) VI/Mulawarman.

“Untuk tingkat pusat itu nanti akan melaksanakan tes kompetensi kurang lebih 10 hari di Balikpapan dengan materi pengecekan kesehatan kembali, tes kesegaran jasmani, tes psikologis dan tes pantukhir” katanya.

“Nantinya disitu akan ditentukan yang dinyatakan lolos dalam mengikuti Diksarmil Komcad Matra Darat Tahun 2022, dan perwakilan dari Berau hanya 20 orang,”pungkasnya.

Sementara, Eko Arif salah seorang pendaftar mengaku mengikuti seleksi Komcad karena ingin menjadi bagian dari TNI salam menjaga keamanan dan kadaulan NKRI. 

Ia juga mengaku telah siap mengikuti seluruh rangkaian tes yang akan dilakukan baik berkas maupun fisik dan kesehatan.

“Persiapan badan tentunya fisik dan jasmani, intinya kita disini siap untuk bersaing. Kita hanya berdoa dan sisanya biar para panitia yang menentukan,” ungkapnya. 

Editor: Rengkuh

Related posts