Polres Lakukan Rekayasa Lalin Tekan Kerumunan

  • Whatsapp

Foto: Anggota Satlantas Polres Berau mulai memberlakukan rekayasa lalulintas

TANJUNG REDEB, – Polres Berau menerapkan crowd free night dalam kota Tanjung Redeb. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan atau kerumunan di satu titik dimalam hari. Terutama di area publik yang biasa menjadi tempat nongkrong. Selain itu, Polres juga melakukan random sampling tes antigen di jalur masuk Berau.

Bacaan Lainnya

Kapolres Berau, AKBP Anggoro Wicaksono menjelaskankan, upaya rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk membatasi kegiatan masyarakat diluar rumah pada saat malam hari.

“Melihat jumlah kasus positif yang terus meningkat maka kami merasa perlu melakukan antisipasi dan pencegahan penyebaran lebih luas,” jelasnya.

Termasuk dengan sosialisasi penggunaan aplikasi peduli lindungi.

Rekayasa lalu lintas mulai dilaksanakan pada pukul 22.00 hingga pukul 05.00 Wita. Kapolres menegaskan, kebijakan ini diterapkan semata sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19. Pemerintah termasuk kepolisian tidak melarang masyarakat untuk beraktivitas usaha seperti bejualan, akan tetapi hanya membatasi waktunya.

Sebab bisa saja saat malam hari menurutnya terjadi kelonggaran pengawasan. Kapolres menyebutkan sejumlah titik rekayasa Lalin seperti kawasan tepian Ahmad Yani dan jalan Pulau Derawan.

Selain itu instruksi bagi satuan bawah di Polsek-polsek wilayah destinasi wisata terutama di pesisir Berau untuk meningkatkan pengawasan. Agar seluruh pengunjung yang masuk wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi, serta upaya vaksinasi khusus bagi pengunjung yang belum vaksin di layanan kesehatan setempat.

Selain itu melakukan tes acak kepada warga yang melintas wilayah perbatasan Kabupaten. (*)

Pos terkait