Komitmen PT PAMA Serap Tenaga Kerja Lokal, Sambut 18 Pemuda Lulus training dan Kirim 36 Pemuda Berau Pendidikan Operator  dan Mekanik

  • Whatsapp

TANJUNG REDEB, – Sebanyak 36 orang pemuda Berau yang dinyatakan lolos seleksi penerimaan operator dan mekanik PT Pamapersada Nusantara diberangkatkan menuju pelatihan operator dan mekanik di tingkat nasional. Pemberangkatan puluhan calon operator dan mekanik inipun diapresiasi oleh Bupati Berau Sri Juniarsih.

Bacaan Lainnya

“Terus terang dengan adanya acara seperti ini, kami mengapresiasi PT PAMA yang telah melakukan terobosan untuk memberikan semangat kepada pemuda lokal dalam meraih mimpi mereka. Kami juga berharap kepada perusahaan yang lain juga melakukan hal sama,”ucapnya Senin (07/02/2022).

Namun begitu, orang nomor satu di Bumi Batiwakkal ini mengaku persoalan penyerapan tenaga kerja lokal di Berau yang belum maksimal masih menjadi PR yang harus diselesaikan bersama. Sehingga ia menghimbau dan mewajibkan seluruh perusahaan yang ada dan beroperasi di Berau, wajib mencontoh langkah yang dilakukan PT PAMA .  Yakni wajib menerima tenaga kerja lokal.

“Jadi dari kecamatan jauh di luar lingkar tambang boleh direkrut selama memenuhi kompetensi untuk mengurangi angka pengangguran. Ini juga sudah menjadi amanah Perda Nomor 8 tahun 2018,”tegasnya.

Di lokasi yang sama, perwakilan PT Pamapersada Nusantara Setia Agung Laksono menyebut, setidaknya sudah empat kali PT PAMA melakukan rekrutmen tenaga kerja lokal. Tiga diantaranya di untuk site di gurimbang dan satu di site Binungan.

Di awal tahun ini setidaknya ada 28 orang yang dikirim mengikuti pelatihan di tingkat nasional untuk mengikuti pelatihan operator dan 8 orang lainnya akan mengikuti pelatihan mekanik.

“Kemudian kita juga menyambut 18 orang yang sudah menyelesaikan pelatihan nasional dan saat ini sudah bekerja di PT PAMA Gurimbang  sebagai operator. Jadi ketika mereka selesai pelatihan dan lulus mereka secara otomatis akan menjadi karyawan PT PAMA,”jelasnya.

Ia juga menambahkan,  dengan serangkaian rekrutmen yang selama ini berjalan tentu itu menjadi salah satu kebijakan yang sangat baik atas komitmen perusahaan dalam penyerapan tenaga kerja lokal. Hal ini dibuktikan dengan  empat kali proses rekrutmen yang dilakukan Pama dalam menerima tenaga kerja lokal.

Meskipun sampai saat  ini masih ada yang menjalani pendidikan dan ada yang telah mengabdikan diri.  PT Pamapersada Nusantara dalam pemenuhan tenaga kerja lokal mengacu dengan Perda nomor 8 tahun 2018.

“Ini akan terus berjalan sejalan dengan keinginan pemerintah daerah dan juga bentuk komitmen kami terhadap masyarakat lokal,”tutupnya.(*/)

Pos terkait