8 Rumah Warga Kampung Bumi Jaya Rusak Akibat Angin Kencang

  • Whatsapp

Foto: Kondisi salah satu rumah warga Kampung Bumi Jaya, Kecamatan Talisayan yang mengalami kerusakan akibat hujan deras dan angin kencang, Senin (07/02/2022) kemarin.

TALISAYAN, – Sebanyak 8 rumah warga di Kampung Bumi Jaya, Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau,  mengalami kerusakan kategori ringan hingga berat. Kerusakan disebabkan  hujan lebat yang disertai angin kencang berlangsung pada Senin siang (07/02/2022), pukul 11.30 Wita.

Bacaan Lainnya

Kepala Kampung Bumi Jaya, Imam Subagyo menjelaskan, sebanyak 4 unit rumah mengalami kerusakan ringan, sementara 4 lainnya mengalami kerusakan parah.

“Untuk 4 rumah tersebut kerusakannya capai 50 persen, sedangkan 4 rumah lainnya mengalami kerusakan ringan,” Ungkap Imam.

Diakui Imam Subagyo, terjadinya kerusakan pada beberapa rumah tersebut, dirinya pun tidak mengetahui pasti. Pasalnya ia tengah berada di Kantor Kakam Bumi Jaya.

Menurut Imam, kerugian yang diperkirakan akibat angin ini kurang lebih mencapai Rp 200 juta. Diungkapkannya, saat ini warga kampung bergotong rotong untuk membersihkan dan merapikan rumah-rumah yang terdampak angin kencang ini.

“Alhamdulillah kekompakan warga dalam membantu tetangga yang tertimpa musibah cukup tinggi, saya ucapkan terimakasih kepada warga yang sudah membantu dan melakukan kegiatan gotong royong,” Ucap Imam Subagyo.

Peristiwa itu, lanjut Imam, selain menimpa rumah warga Kampung, rumahnya pun tidak luput dari kerusakan tersebut. Lebih lanjut ia menambahkan, beberapa tahun lalu sekitar 2010 juga pernah angin kencang seperti inj, pada waktu itu juga beberapa rumah warga alami kerusakan.

“Kalau 2010 dulu angin bertipu dari utara ke selatan. Kalau saat beda yaitu dari selatan ke utara,” Bebernya.

“Kedepan kita harus selalu waspada dan hati-hati karena musibah datang dengan tiba, saya berharap Pemerintah Kecamatan yang kunjungi beberapa rumah yang runtuh. Ia harapkan pihak kecamatan maupun Dinas terkait agar sekiranya dapat membantu warga Kampung terkait perbaikan rumah-rumah yang rusak ini,” Tambah Imam Subagiyo

Sementara itu Camat Talisayan, Ahmad Juhri mengatakan dirinya bersama beberapa pegawai kecamatan untuk melihat langsung rumah warga yang rusak, diakibatkan angin kencang tersebut.

“Angin kencang dan hujan deras yang terjadi tadi perkiraan terjadi pada siang hari sekitar pukul 11.30 Wita,” Bebernya.

Dirinya menyebut ada 2 RT yang terdampak yaitu RT 5 sebanyak 3 KK dan 3 rumah sedangkan RT 7 sebanyak 5 KK dan 5 rumah.

“Kami juga sudah menyampaikan perihal ini kepada Dinas Sosial Kabupaten Berau, mengenai beberapa warga yang rumahnya alami kerusakan. Harapannya rumah warga yang rusak ini dapat dibantu oleh Dinas terkait maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Berau. Guna meringankan¬† warga yang tertimpa musibah ini, yang mengakibatkan rumah mereka rusak,” pungkas Ahmad Juhri.(*)

Editor: RJ Palupi

Pos terkait