Forum RT Gugurkan Rekomendasi Pansus, Bupati Pertahankan Saipul Rahman Jadi Dirut PDAM

  • Whatsapp

Foto: Bupati Sri Juniarsih didampingi Sekda Berau Gazali saat menyampaikan tanggapan jadil rekomndasi pansus DPRD

TANJUNG REDEB, – yPanitia Khusus (Pansus) yang dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menyelesaikan polemik Perumda Batiwakkal telah memberikan 13 rekomendasi kepada Bupati Berau. Salah satu isi rekom yakni mencopot Direktur Utama Perumda Batiwakkal. Namun Bupati Sri Juniarsih Mas menyampaikan keputusan mempertahankan dengan berbagai pertimbangan.

Bacaan Lainnya

Didampingi oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Berau, Muhammad Ghazali, Asisten 1 Hendratno dan Kabag Hukum Jaka Siswanta, bupati dihadapan wartawan menyampaikan keputusan itu Kamis (20/1/2022)

Sri Juniarsih menyampaikan bahwa Pemkab Berau tetap mempertahankan Dirut Perumda Batiwakkal, Saipul Rahman hingga masa jabatannya selesai.

Diakuinya, Pemkab Berau telah meminta masukan dari berbagai sumber seperti Dirjen Otonomi Daerah, Dirjen Bina Keuangan Daerah hingga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Setelah menelaah surat dari DPRD beserta subtansi di dalamnya, kami merasa kinerja Dirut Perumda Batiwakkal masih baik dan akan dipertahankan. Keputusan ini juga telah disampaikan secara tertulis ke DPRD,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemilihan direktur perusahaan daerah adalah merupakan kewenangan kepala daerah yang telah dilakukan melalui proses birokrasi dan teknokratif dengan penetapan panitia seleksi yang terdiri dari akademisi, birokrasi dan tenaga ahli yang bebas intervensi.

Ia juga menyebut, selama memimpin Perumda Batiwakkal, Saipul Rahman telah menyampaikan laporan keuangan dan laporan kinerjanya serta telah diaudit oleh kantor akuntan publik, audit kinerja oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kaltim.

“Selama ini opini laporan keuangan dinyatakan wajar dan laporan kinerja baik serta sehat,” sambungnya.

Dikatakan Sri, dirinya juga menerima masukan dari masyarakat melalui forum RT. Ia mengaku, dirinya tidak pernah mendapati tokoh masyarakat yang langsung datang untuk menyampaikan kepuasan kinerja.

Ia menegaskan, seharusnya hal tersebut menjadi evaluasi bagi Perusda lainnya untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan masyarakat.

“Saya melihat sampai tokoh-tokoh masyarakat pun termasuk tokoh-tokoh agama yang datang langsung untuk menyampaikan apa yang menjadi aspirasi mereka kepada kami, sehingga saya tidak bisa menolak. Masyarakat menilai, ketika ada keluhan maka pihak Perumda Batiwakkal langsung datang untuk menyelesaikan permasalahan,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan tetap mempertimbangkan dan memperhatikan pertimbangan dari Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD yang terhormat.

Dirinya menegaskan tetap mempertahankan Direktur Perumda Batiwakkal, Saiful Rahman.

Ia turut menyampaikan terima kasih kepada DPRD atas segala kesungguhannya untuk memberikan masukan dan dukungan untuk pembangunan di Kabupaten Berau.

“Kami berharap tentunya dukungan ini akan terus berlanjut dan selalu menjadi lebih baik dari waktu ke waktu untuk kita bersama mewujudkan Berau maju,” pungkasnya. (*)

Editor: RJ Palupi

Pos terkait