Nataru, Polres Berau Gelar Ops Lilin Mahakam 2021. Siapkan 15 Posko se Berau

  • Whatsapp

TANJUNG REDEB, – Polres Berau menggelar Operasi Lilin Mahakam 2021 yang dimulai sejak 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Operasi Lilin 2021 ini melibatkan semua unsur TNI-Polri dan instansi terkait untuk menjaga keamanan diberbagai kawasan di Kabupaten Berau.

Hal tersebut disampaikan Bupati Berau Sri Juniarsih saat memimpin apel gelar pasukan di Polres Berau dan membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Ia mengatakan, dengan Polri dengan dukungan dari TNI, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 yang dilaksanakan selama 10 hari itu.

Disebutkan, dalam pelaksanaan Operasi Lilin ini melibatkan 177.212 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari 103.000 Polri, 19.000 TNI, dan 55.000 personel dari instansi terkait mulai Satpol PP, Dishub, Damkar, Linmas dan instansi lainnya dengan fokus memberi keamanan terutama di 54.959 objek di seluruh Indonesia.

“Fokus pengamanan adalah 54.959 objek di seluruh Indonesia, baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara,” paparnya.

“Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 19.464 pos pengamanan dan 1.082 pos pelayanan,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono menuturkan, dalam Operasi Lilin diprioritaskan pengamanan Natal dan tahun baru.

“Semua rangkaian peribadatan dari masyarakat, khususnya beragama Nasrani, semua kita lakukan pengamanan. Termasuk juga nantinya menjelang tahun baru,” ungkapnya saat ditemui usai pelaksanaan apel.

Untuk mendukung lancarnya pelaksanaan Operasi Lilin, pihaknya juga menyediakan pos pengamanan, pos pelayanan termasuk tempat-tempat wisata, yang kemungkinan nantinya ada pengunjung untuk mengisi libur panjang akhir tahun 2021.

“Ada 15 posko, terbagi dari pospam (pos pengamanan), posyan (pos pelayanan), pos check point dan pos terpadu. Termasuk pos wisata,” ujarnya.

“itu (posko) terdapat di semua kecamatan. Untuk daerah-daerah wisata, kita fokuskan pengamanan di tempat wisata,” tambahnya.

Orang nomor satu di Polres Berau itu menuturkan, semua unsur, terdiri dari TNI-Polri dan instansi terkait lainnya, semuanya dilibatkan.

“Kita bersinergi agar pelaksanaan kegiatan pengamanan pada malam tahun baru ini dapat berjalan lancar. Termasuk dalam rangka untuk melakukan upaya supaya tidak adanya tambahan COVID-19. Karena Berau sudah zona hijau,” pungkasnya.(*)

Editor: RJ Palupi

Pos terkait