KONI Ingatkan Juri dan Wasit Harus Bersertifikat

  • Whatsapp

Foto: Ketuaa Koni Berau Al-Hamid

TANJUNG REDEB, – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Berau, Al Hamid mengingatkan seluruh cabang olahraga memiliki juri atau wasit yang bersertifikasi. Poin itu ditekankan Al Hamid saat rapat kerja bersama seluruh pengurus Cabor naungan KONI Berau.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya wasit dan juri ini sangat krusial untuk masing-masing Cabor, terutama yang akan mengikuti Porprov (Kaltim) nanti.

Diminta kepada seluruh pengurus Cabor, untuk melakukan pendataan. Bagi Cabor yang belum memiliki wasit dan juri bersertifikasi, dapat mengikutsertakannya dalam pelatihan wasit dan juri di Pengprov masing-masing Cabor.

“Juri dan wasit yang bersertifikat bisa mencegah terjadinya kecurangan dalam pertandingan,” bebernya, belum lama ini

“Meskipun tuan rumah, potensi permasalahan dalam pertandingan itu pasti ada. Jika ada Cabor bertanding di Porprov, tidak memiliki wasit dan juri yang tersertifikasi, itu sangat tidak bagus dan itu suatu kesalahan,” tambahnya.

Menurutnya, masih ada waktu sekitar 1 tahun lagi untuk meningkatkan SDM juri maupun wasit. Bahkan, dirinya juga akan memeriksa data juri dan wasit dari masing-masing cabor. Terutama 60 cabor yang akan bertanding di Porprov.

“Kalau ada pelatihan yang diselenggarakan pengprov, ikuti. Nanti juga akan saya cek sendiri. Saya ingin semua Cabor tahun depan harus sudah memiliki wasit dan juri tersertifikasi,” tutupnya. (*)

Editor: RJ Palupi

Pos terkait