Pemkab Sulap Turap Tepian Sambaliung Jadi Taman Rekreasi

  • Whatsapp

SAMBALIUNG – Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Taupan Madjid. Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, Rabu 7 Oktober 2021 kemarin, meninjau pembangunan turap di bantaran sungai Berau di Sambaliung. Turap sheetpile beton dibangun sepanjang 250 meter sejak tahun 2019 dan ini merupakan program lanjutan dari total panjang bibir sungai Sambaliung 1.965 meter.

Pembanguan turap sepanjang 250 meter dengan anggaran kurang lebih 37,478 miliar tersebut dijelaskan Taupan Madjid dilengkapi pengaman yang nantinya kawasan tersebut akan menjadi salah satu spot wisata sebagai taman rekreasi masyarakat didalam kota. Pasalnya akan dilengkapi dengan taman dan badan jalan selebar 9 meter dengan rigid pavement atau cor beton.

Bacaan Lainnya

“Kawasan ini dibangun dengan dilengkapi beberapa fasilitas yang akan menjadi tempat rekreasi, sesuai dengan target, diakhir tahun ini diharapkan sudah selesai,” jelasnya.

Sejak tahun 2007 pembangunan turap di sepanjang tepian  Sambaliung telah selesai terbangun sepanjang 1500 meter dan pada akhir tahun ini ditarget selesai lagi sepanjang 250 meter. Masih ada sepanjang 265 meter lagi yang akan diusulkan pada tahun berikutnya. Tidak hanya melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah, Pemkab berau juga akan berupaya mendapat dukungan anggaran dari pemerintah provinsi maupun dari pusat melalui anggaran pendapatan dan belanja negara.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, mengungkapkan pembangunan turap di bantaran sungai ini selain untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Kawasan yang ditata dengan rapi dan dilengkapi fasilitas pendukung ini tentunya akan menjadi destinasi wisata didalam kota. Masyarakat akan bisa rekreasi dan bersantai di bantaran sungai, sehingganya dilokasi tersebut dilengkapi pengaman dan berbagai ornamen yang menari.

“Tadi saya melihat desain tiga dimensinya memang sangat bagus dan saya berharap berjalan sesuai progres dan selesai tetap waktu sesuai dengan apa yang diharapkan. Sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik,” ungkapnya.

Tidak hanya di bantaran Sambaliung, Pemkab Berau akan juga mengusulkan pembangunan  turap di beberapa kawasan baik di bantaran sungai di wilayah Kecamatan Gunung Tabur maupun di Kota Tanjung Redeb yang juga perlu dilakukan penataan dengan baik sebagai ibukota kabupaten.

“Kita akan berupaya secara bertahap memperjuangkan untuk bisa mendapat dukungan anggaran baik dari provinsi maupun dari pusat,” tandasnya.(hms)

Pos terkait