Pemkab Berau Komitmen Perhatikan Kebutuhan Masyarakat Komunitas Adat Terpencil

  • Whatsapp

TANJUNG REDEB – Perhatian Pemerintah Kabupaten Berau membuktikan keseriusannya memperhatikan kondisi Komunitas Adat Terpencil. Melalui Dinas Sosial, Pemkab Berau memberikan bantuan jatah hidup kepada masyarakat di Sungai Maning. Kecamatan Gunung Tabur.

Masyarakat di Sungai Maning, telah menempati bangunan yang berdiri sejak 2019. Di tempat tersebut, ada 60 kepala keluarga dengan total warga mencapai 171 jiwa. Bupati Berau Sri Juniarsih, Wakil Bupati Gamalis, serta jajarannya termasuk Kepala Dinas Sosial Berau, Totoh Hermanto mengunjungi warga di Sungai Maning, Senin 4 Oktober 2021.

Bacaan Lainnya

Totoh Hermanto menjelaskan penyerahan jatah hidup tersebut sudah menjadi bagian dari program  Kementerian Sosial. “Bantuan yang diberikan dari APBD yakni bagian dari sarana, yakni adanya dapur umum dan bantuan jatah hidup berupa sembako,” ungkapnya Senin 4 Oktober 2021.

Totoh mengatakan, bantuan jatah hidup itu dapat dimanfaatkan memenuhi kebutuhan selama 6 bulan. Dia berharap agar pembagian kepada masyarakat dapat tersalurkan dengan baik.

Dikatakan Totoh, sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Sungai Maning adalah petani kebun. Dinas Sosial ke depan akan mencari solusi lagi, khususnya pada penguatan perlindungan masyarakat KAT. “Kami coba penguatan lagi bagaimana kesejahteraan pihak KAT bisa terus terlindungi. Adapun beberapa sarana prasarana yang perlu ditambah,” ungkapnya.

Dikatakan Totoh, beberapa sarana pendukung lingkungan belum tersedia. Misalnya belum tersedia WC pada masing-masing rumah. Sementara masyarakat masih menggunakan WC umum. Dinas Sosial juga meminta langsung kepada Kepala Daerah untuk permasalahan air minum yang tergolong kurang sehat.

“Kendati begitu, pihak KAT sudah memiliki dokumen administrasi yang jelas dan memiliki KTP EL, jadi untuk akses pelayanan kesehatan, pendidikan akan jauh lebih mudah,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih menjelaskan bahwa sejak 7 April 2021 masyarakat KAT Sungai Maning sudah mendapatkan pendataan penduduk. Bupati juga memberikan apresiasi kepada pihak Polsek Gunung Tabur yang memberikan vaksinasi kepada 30 orang masyarakat KAT.

“Kami berharap dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, juga selaras dengan tujuan yang baik. Untuk percepatan vaksinasi juga akan kami lakukan,” ungkapnya.

Bupati berpesan, bahwa masyarakat KAT Sungai Maning tidak terlepas dari perhatian pemerintah. Hal itu juga sesuai dengan instruksi agar masyarakat memiliki ketahanan pangan nasional. Yang pasti Pemkab Berau juga menggencarkan bantuan sandang, pangan dan papan terutama, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19.

Terkait pemenuhan kebutuhan pendidikan, Bupati perempuan pertama di Berau itu meminta langsung kepada Dinas Pendidikan. Khususnya dalam penyediaan sarana pendidikan yang mudah diakses masyarakat Sungai Maning. (*)

Editor: RJ Palupi

Pos terkait