Bekas Gedung BPBD Difungsikan untuk Kantor Unit Siaga SAR Berau

  • Whatsapp

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau terus berusaha mengakomodasi keberadaan Badan SAR Nasional (Basarnas). Setelah pertemuan dengan Bupati Berau pada April lalu, Unit Siaga SAR Berau kini memiliki kantor sendiri. Bekas kantor BPBD Berau di Jalan Pemuda, Tanjung Redeb bakal difungsikan sebagai kantor Unit Siaga SAR Berau.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Thamrin. Rencananya Unit Siaga SAR Berau akan menduduki eks kantor BPBD di Jalan Pemuda, Tanjung Redeb. “Gedung BPBD di samping bekas KPU Berau kami proyeksikan untuk kantor Unit Siaga SAR Berau. Tim dari Basarnas juga sudah melihat lokasi,” ujarnya, Sabtu 25 September 2021.

Bacaan Lainnya

Menurut Thamrin, lokasi yang akan dimanfaatkan kantor Unit Siaga SAR Berau cukup representatif. Selain dekat dengan Mapolres Berau, juga dekat dengan Sungai Segah di Jalan Pulau Derawan. Dengan mengaktifkan kantor di lokasi tersebut, Basarnas tidak lagi perlu membangun gedung. Cukup dengan menyediakan peralatan penunjang.

“Lahan parkir juga luas, bisa untuk parkir kendaraan unit siaga di bekas parkir mobil pemadam,” katanya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Koordinator Unit Siaga SAR Berau Andi Irawan menyebut kesiapannya. Walau unit siaga untuk wilayah kerja Kabupaten Berau masih tergolong baru, namun untuk antisipasi dan kesiapan personel Basarnas tetap terjaga ketika ada musibah. Untuk alat yang digunakan di Berau sementara ini adalah 1 unit perahu karet, 1 unit truk pengangkut personel dan peralatan ketinggian dan alat selam.

β€œIni baru pertama untuk penempatan di Berau yang terdiri dari lima personel dan beberapa peralatan. Untuk Berau sendiri ini kita lihat kecelakaan air cukup tinggi, terutama di seputaran Kepulauan Derawan dan sekitarnya, termasuk di kawasan muara sungai,” pungkasnya.(*)

Editor: RJ Palupi

Pos terkait