Foto: Fery Kombong Anggota Komisi I DPRD Berau

TANJUNG REDEB,-Ketua Komisi I DPRD Berau, Peri Kombong meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau mencari solusi dalam mengisi kekosongan tenaga pendidik di Berau.

Dijelaskan Peri, Pemkab Berau harus bisa mengatasi kekurangan tenaga pendidik, karena persoalan ini cukup serius.

“Ketika kita mengalami kekurangan tenaga pendidik, maka kita harus segera memenuhi,” ujarnya.

Diakuinya, ada larangan untuk kembali mengangkat Pegawai Tidak Tetap (PTT) untuk memenuhi kuota tenaga pendidik. Namun, menurutnya pasti akan ada jalan keluar terkait permasalahan ini.

“Salah satunya adalah dengan melakukan diskusi dan melakukan konsultasi ke pemerintah pusat membahas permasalahan yang terjadi di daerah. Saya yakin pasti akan ada solusinya,” tegas Peri.

Karena menurutnya, hal tersebut juga adalah suatu kebutuhan, sehingga dirinya akan melakukan diskusi dan siap mendampingi Pemkab Berau jika dibutuhkan dalam melakukan diskusi ke pusat membahas kekurangan tenaga pendidik tersebut.

“Kita juga tidak akan tutup mata untuk hal seperti ini, dan jika dibutuhkan saya siap untuk mendampingi berdiskusi bersama pemerintah pusat mencari solusi,” katanya.

Politisi Partai Gerindra itu juga meminta Pemkab Berau dalam hal ini Dinas Pendidikan Berau, agar dapat melakukan evaluasi secara detail kekurangan tenaga pendidik saat ini. Sebab itulah yang akan menjadi bahan untuk melaporkan ke pusat.

“Jadi nanti kita akan laporkan ke pusat dengan data yang sudah kita miliki, jadi koordinasi dan mencari cara seperti apa karna saya yakin pasti akan ada solusinya,” paparnya.

Dirinya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Pemkab Berau terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk membahas hal ini.

“Kita di DPRD Berau siap untuk membantu, karena ini juga adalah tugas kami juga untuk menyejahterakan masyarakat khususnya para pelajar di Bumi Batiwakkal,” tandasnya.(*/ADV)