Foto: Nurung, anggota DPRD Berau Fraksi NasDem saat gelar reses di Kecamatan Sambaliung beberapa waktu lalu.

TANJUNG REDEB – Dalam pagelaran reses yang digelar pada 3 hingga 8 Juli ini, para anggota DPRD Berau memanfaatkannya untuk bertatap muka langsung dan mendengar aspirasi masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Nurung, anggota DPRD Berau Fraksi NasDem.

Ia menggelar reses di Perumahan  Saoda, Jalan Akasia Mandiri RT 23, Kecamatan Sambaliung. Dijumpai awak media usai menggelar resesnya tersebut, ia mengakui masih banyak permasalahan masyarakat yang masih memerlukan sentuhan pemerintah daerah. Di antaranya yang tertampung dalam catatan reses yang digelarnya pada kesempatan tersebut.

“Di sinilah tugas saya selaku anggota DPRD Berau sebagai penghubung segala aspirasi masyarakat dan akan disampaikan ke pemerintah daerah,” ucapnya.

Dirinya juga mengungkapkan, terkait reses yang digelar pada kesempatan tersebut, ia mengaku telah berhasil menjaring beberapa aspirasi atau usulan dari warga seputaran Perumahan Saodah atau Jalan Akasia Mandiri tersebut.

“Ada beberapa usulan yakni ,perbaikan atau pengaspalan jalan, drainase pembuangan air, penerangan jalan, bantuan untuk para majelis ta’lim dan yang terakhir penyemprotan jentik nyamuk karena di daerah sekitar sini masih rawa,” ujarnya.

Sementara itu, membahas tentang penanganan banjir di daerah tersebut, dirinya mengungkapkan telah berkoordinasi langsung dengan OPD terkait dalam hal ini DPUPR Berau. Dengan mengusulkan untuk pembangunan drainase pembuangan air yang berhubungan langsung dengan sungai besar di daerah Sambaliung tersebut.

“Sudah saya koordinasikan dengan pihak DPUPR terkait pembangunan drainase di daerah sini, tinggal menunggu realisasi dari anggaran ABT yang akan datang,” ujarnya.

Sedangkan untuk perbaikan atau pengaspalan jalan di daerah tersebut ia juga sudah mengkoordinasikan dengan pihak DPUPR Berau dan masih sama seperti drainase masyarakat diharap bersabar karena pemerintah daerah masih menunggu anggaran ABT yang akan datang.

“Kebetulan beberapa waktu lalu saya sudah survei lokasi yang ingin diaspal bersama langsung dengan kabid yang bersangkutan di DPUPR dan beliau juga menyanggupi namun masih menunggu anggaran dari pemerintah daerah,” jelasnya.

Sementara itu, menanggapi usulan salah satu warga majelis ta’lim di daerah tersebut Nurung mengatakan, teruntuk batuan peralatan untuk ibu-ibu majelis ta’lim di daerah Perumahan Saodah tersebut tidak perlu menunggu anggaran dari pemerintah daerah. Dirinya secara pribadi akan langsung memberikan bantuan berupa keperluan untuk majelis ta’lim di daerah tersebut.

“Karena memang bantuan untuk majelis ta’lim tidak masuk di dalam anggaran pemerintah daerah, insya Allah saya akan bantu secara pribadi terkait apa yang diperlukan ibu-ibu majelis ta’lim sekalian, nanti tinggal dicatat lalu koordinasi dengan saya aja,” katanya.

Ia juga merespons usulan terakhir dari salah satu warga sekitar yang meminta daerah Saodah tersebut diadakan penyemprotan jentik nyamuk secara berkala, agar warga atau masyarakat yang tinggal di daerah tersebut terhindar dari bahaya penyakit demam berdarah.

“Secepatnya, untuk penyemprotan disinfektan,” ujarnya.

Di penghujung kegiatan reses nya tersebut, dirinya berharap agar masyarakat memahami maksud dan tujuan diadakannya reses pada kesempatan tersebut. Bukan semata-mata untuk keperluan politik melainkan murni tugas pokok anggota DPRD Berau yang bekerja sepenuh hati dalam membantu segala permasalahan rakyatnya dengan tujuan menyejahterakan rakyat.

“Jadi saudara sekalian saya harap untuk bersabar karena semua nya memiliki mekanisme proses yang lumayan panjang, bukan semudah membalik telapak tangan, namun saya berjanji akan mengawal aspirasi warga sekalian hingga menuju tahap realisasi,” tutupnya.(adv)